Tuesday, June 3, 2014

Belajar berhitung cepat dari Kegiatan Keseharian

Pagi ini Oma pulang ke Jakarta. Kakak, KayKay, Dede dan papa mama, semua mengantar oma ke bandara Ngurah Rai Denpasar. Agak sedih oma pulang ke Jakarta, tapi kakak juga senang bisa berkumpul dengan mama papa lagi. 

Sepulang mengantar oma, kita pergi makan siang di restoran. Sambil menikmati makan siangku, aku melihat sekeliling ruangan restoran.
Menarik perhatianku, dekorasi batu bata yang tertempel ditembok ruang restoran tersebut. Ku mulai menghitung jumlah bata yang tertempel secara horisontal dan vertikal, kudapati jumlah total aplikasi dinding bata dalam ruangan restoran tersebut.

Pada tembok yang pertama, jumlah aplikasi bata horizontal 11 dan jumlah aplikasi bata vertikal 13, jadi jumlah total aplikasi pada tembok pertama adalah 143 buah aplikasi bata. Pada tembok kedua, jumlah aplikasi bata horisontal sejumlah 10 dan jumlah aplikasi bata vertikalnya 25, jadi didapati total aplikasi bata pada tembok kedua 250 buah aplikasi bata. Jadi banyak jumlah aplikasi bata yang ada di tembok pertama dan kedua sejumlah 393 buah aplikasi bata. 

Ku ceritakan kepada mama, jumlah aplikasi bata yang tertempel pada tembok pertama dan kedua. Sambil ku jelaskan bagaimana cara aku menghitungnya. Mama sempat tidak percaya, mama memastikan jumlah yang aku hitung dengan menggunakan kalkulator di handphone nya. Tidak lama kemudian mama tersenyum, karena jumlah yang kuhitung tepat dan benar.

No comments:

Post a Comment